Kita tentu tak asing lagi dengan kata Friendster.
Nama tersebut telah lama melekat di benak pengguna internet, khususnya
mereka yang gemar mencari teman dan membangun jaringan pertemanan di
dunia maya. Demikian populernya, hingga mendorong berbagai content
provider untuk menghadirkan situs layanan serupa. Jadi, jangan heran
kalau saat ini Friendster sudah punya banyak “teman.”
“Jangan ngaku anak gaul kalau nggak punya account di Friendster.” Begitulah kira-kira komentar para remaja yang telah menjadi anggota Friendster.
Mungkin masih banyak komentar lain -dengan gaya
bahasa yang lain lagi- yang intinya sama; ada yang kurang kalau belum
jadi anggota Friendster. Sebagian dari Anda mungkin tidak setuju, namun
mesti diakui kalau Friendster adalah fenomena baru bagi pengguna
internet, yang dapat membentuk komunitas tanpa batas setelah e-mail,
mailing list, dan instant messenger.
Sebagai salah satu situs pertemanan, Friendster paling banyak diminati di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat, kawula mudanya lebih gemar menjalin pertemanan di MySpace. Mari kita telaah layanan-layanan tersebut satu-persatu. Kita mulai dari yang paling akrab dengan kita, Frienster.
Sistem
kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita
punya teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam
jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu
komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari Friendster ini,
selain diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini juga
menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya
account dengan lebih obyektif.
Ngomong-ngomong,
siapa sih orang di balik kesuksesan Friendster? Friendster yang
dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor
pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah
Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan
sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat
sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan
Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster University.
Ketika
perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan,
pengelolanya mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor.
Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis. Dia
adalah Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment.
Hingga
2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari
berbagai belahan dunia. Namun menurut survei comScore Media Metrix,
tahun ini trafik pengunjung Frienster cenderung menurun. Kalau bulan
Oktober 2005 Friendster dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique
visitor), maka pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta
orang.
Layanan Serupa
Maklumlah, kini Friendster tak sendirian lagi sebagai pembentuk komunitas internet. Friendster sudah punya banyak saingan, salah satunya Orkut (www.orkut.com) yang dikelola oleh perusahaan yang mengelola Google. Teman Friendster yang lain, yang sering disebut-sebut, bahkan dipublikasikan pengguna Friendster adalah MySpace (www.myspace.com). Bentuk MySpace hampir serupa dengan Friendster, hanya saja MySpace memberikan beberapa tambahan fitur, seperti Blog, Free Email, Forum, Music, dan Game. Dari tampilan foto dan banner di situs ini, tampaknya MySpace ditujukan untuk konsumsi orang-orang dewasa.
Maklumlah, kini Friendster tak sendirian lagi sebagai pembentuk komunitas internet. Friendster sudah punya banyak saingan, salah satunya Orkut (www.orkut.com) yang dikelola oleh perusahaan yang mengelola Google. Teman Friendster yang lain, yang sering disebut-sebut, bahkan dipublikasikan pengguna Friendster adalah MySpace (www.myspace.com). Bentuk MySpace hampir serupa dengan Friendster, hanya saja MySpace memberikan beberapa tambahan fitur, seperti Blog, Free Email, Forum, Music, dan Game. Dari tampilan foto dan banner di situs ini, tampaknya MySpace ditujukan untuk konsumsi orang-orang dewasa.
Situs serupa yang juga dilengkapi banyak fitur juga disajikan Multiply (www.multiply.com). Uniknya, pengguna Multiply bisa meng-invite secara langsung teman-temannya di Friendster dan Orkut.
Ada lagi MeetUp (www.meetup.com).
Bedanya dengan Friendster, situs ini membagi penggunanya berdasarkan
tempat tinggal dan minat masing-masing. Begitu masuk situs ini, kita
langsung ditanya negara dan kota mana yang kita inginkan. Ketika penulis mengunjungi MeetUp, member dari Jakarta sudah mencapai lebih dari 5000 orang.
Pembagian kategori berdasarkan minat seperti MeetUp juga menjadi andalan Tribe.Net (www.tribe.net), temen Friendster yang lain. Bahkan di halaman depan sudah ada pembagian member berdasarkan kategori minat dan jumlahnya.
Bila
Friendster membuka komunitas online dengan teman tanpa batasan,
beberapa situs lain membuka komunitas online berdasarkan kriteria
khusus. Linkedin (www.linkedin.com) misalnya, ingin membantu penggunanya membuka komunitas online bagi profesional.
Artinya komunitas ini sangat berguna bagi kelancaran pekerjaan atau bisnis masing-masing member. Lalu ada juga TheFaceBook (www.thefacebook.com)
yang membentuk komunitas online melalui jaringan kampus. Jadi kita bisa
mencari keberadaan temen-temen sekampus dulu dan kini melalui jaringan
TheFaceBook.
Terakhir ada juga jaringan komunitas online yang ditujukan bagi pencari kerja, yaitu Monster (www.monster.com). Ternyata banyak member Indonesia yang bergabung di situs yang dikelola Microsoft ini.
Di Indonesia
Layanan Friendster versi Indonesia pun belakangan banyak muncul. Yang pertama adalah Temanster (www.temanster.com). Boleh dibilang situs ini adalah foto copy Friendster yang berbahasa Indonesia. Sama persis.
Layanan Friendster versi Indonesia pun belakangan banyak muncul. Yang pertama adalah Temanster (www.temanster.com). Boleh dibilang situs ini adalah foto copy Friendster yang berbahasa Indonesia. Sama persis.
Lalu yang kedua adalah Sohib (www.sohib.com).
Ini juga sangat mirip dengan Friendster, hanya desainnya lebih berwarna
dengan pilihan warna-warna pastel. Terakhir adalah Fupei (www.fupei.com) yang desainnya sederhana, tapi banyak fitur tambahan seperti Jurnal (Blog), Forum, dan Games.
Dari ketiga situs friendster Indonesia itu, Sohib memiliki paling banyak member (9.000-an). Sedang Fupei memiliki 3.500 member dan Temanster 3.000 member.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar